Kaleidoskop 2023

December 31, 2023, by Wulan Istri

 

Hari ini merupakan hari di penghujung tahun 2023. Saya sekarang sudah 26 tahun. Sudah lebih dari seperempat abad ternyata hahaha.

2023 bisa dibilang sebagai tahun yang cukup menantang (re: berat) bagi saya. Banyak hal yang harus dipikirkan dan sepertinya tanggung jawabnya semakin berat pula. Tahun ini harus bisa semakin mandiri. Tahun ini harus bisa berpenghasilan tetap. Tahun ini harus bisa menghidupi diri sendiri. Tahun ini harus bisa menyimpan rapat emosi sendiri. Semakin dewasa rasanya hidup makin berat saja. Entahlah… mungkin pikiran saya saja yang membuatnya menjadi berat (?).

Walau berat, nyatanya saya masih bisa duduk di kamar kos sempit di Jakarta Pusat sambil mengetik tulisan ini. Saya masih bisa bernafas, saya masih sehat, dan waras (hanya saja leher saya sakit sekali karena ‘kecetit’ ketika tidur). Ternyata saya bisa menjalani tahun 2023 yang berat ini walaupun dengan ‘ngos-ngosan’ dan penuh keluh kesah. Saya pernah membuat kaleidoskop tahun 2020 dan saya ingin membuatnya untuk tahun 2023 dengan sedikit sentuhan berbeda. Saya harap, tulisan ini dapat menjadi pengingat untuk saya pribadi tentang apa yang sudah dilaluinya pada tahun 2023.

 

Unemployed – Awal 2023

November 2022, saya wisuda dan mendapatkan ijazah sarjana. Awal tahun 2023 diisi dengan penuh ketidakpastiaan (walaupun setiap harinya penuh ketidakpastian juga) yang sungguh membingungkan. Saya cukup bingung antara harus melanjutkan kuliah master atau bekerja. Sejujurnya saya ingin melanjutkan kuliah namun saya juga sadar diri bahwa jalan satu-satunya untuk melanjutkan kuliah saat itu adalah dengan mendapatkan beasiswa karena kondisi saat itu saya belum ada penghasilan dan orang tua tidak bisa membiayai kuliah saya. Akhirnya, saya menghabiskan awal tahun 2023 dengan kegiatan yang juga ‘mengambang’. Saya belajar untuk persiapan tes IELTS dan pada saat yang sama juga melamar ke beberapa lowongan pekerjaan. If I looked back, it was definitely tough but hey perhaps it was a bit fun?! I tried some recipes and cooked some new menus I never made before! I also had fun to chat with Dimas and Vikram way back then and yeah I started writing letter to Hana, my penpal!

Menunggu pengumuman aplikasi lamaran pekerjaan, mendapatkan penolakan, mencari lowongan pekerjaan baru sesungguhnya cukup menyiksa. Tapi, bisa memasak, belajar IELTS dengan tenang, dan memiliki banyak waktu luang sebetulnya terasa mewah juga. Saya sempat mewujudkan impian saya juga untuk travelling impromptu ke Lombok. Seru sekali rasanya ketika travelling! Jalan-jalan tanpa kepikiran tentang pekerjaan!

 

Moving to Lombok – Maret 2023

Bulan Maret saya mendapatkan pekerjaan pertama saya di Lombok. What a chance?! Lombok?! Saya jatuh cinta kepada Lombok sejak saya menginjakkan kaki saya di sana untuk travelling. Kehangatan penghuninya, keindahan alamnya, dan juga suasananya yang rasanya sulit ditemukan di tempat lain. And yeah! I met lot of lovely people there. Walaupun pekerjaan tersebut tidak memberikan kesan yang baik kepada saya namun saya merasa bersyukur saya bertemu banyak orang baik. Saya juga berkesempatan untuk berkunjung ke beberapa tempat dan sempat roadtrip 5 hari mengelilingi Lombok. Sungguh asyik! So far, Lombok will always have a place in my heart.

 

 

Moving to Jakarta – Agustus 2023

Butuh keberanian yang besar untuk resign dari pekerjaan pertama. Harus siap dengan kehilangan income bulanan, siap dengan pandangan orang lain, siap untuk meninggalkan orang-orang baik dan tempat nyaman, dan siap menghadapi masa pengangguran kembali. Setelah menganggur kurang lebih 3 minggu, saya akhirnya mendapatkan pekerjaan di Jakarta dan artinya harus pindah ke sana.

Saya awalnya cukup sulit untuk beradaptasi dengan Jakarta. Polusi udaranya, macetnya, manusia-manusianya yang seolah-olah selalu ‘tergesa-gesa’, hingga makanannya. Bahkan saya masih dalam proses adaptasi di sini. Namun begitu, saya pikir kehidupan saya di sini jauh lebih baik dibandingkan dengan kehidupan sebelumnya dan saya harus lebih bersyukur untuk kesempatan saya bisa bekerja di sini. Terlebih lagi, pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan impian saya sejak kuliah. Siapa sangka saya bisa mewujudkannya di tahun ini?

Ini saja gambaran sekilas dari hidup saya di tahun 2023. Saya harap ke depannya saya bisa menulis lagi terkait dengan apa yang sudah saya lalui ke depannya. Saya harus makan malam dan bersiap-siap untuk ke luar.

Selamat tahun baru semuanya! Semoga kita semua makin didekatkan pada kebaikan di tahun selanjutnya.

 

Salam,

 

Wulan

 

0 komentar

Instagram

Featured Post

Hampa

Aku berlari dan terus berlari  Rasanya lelah namun aku tak bisa berhenti  Ku berlari tanpa arah yang pasti  Tak tahu pula apa yang tengah ku...

Contact Form

Name

Email *

Message *