Between Me and IYSpace

June 21, 2018, by Wulan Istri

Oik Allemaal! Kali ini saya ingin berbagi tentang pengalaman saya di Indonesian Youth Space yang sering disingkat IYSpace. Meskipun saya baru beberapa bulan di sini, saya merasa sah-sah saja jika saya bercerita seputar saya dan IYSpace. Saya harap tulisan ini bisa menjawab keraguan atau beberapa pertanyaan pembaca semua seputar IYSpace.

IYSpace merupakan sebuah gerakan yang berfokus di bidang kepemudaan. Visi, misi dan sejarah singkatnya bisa dilihat langsung di websitenya di sini. Saya baru menjadi anggota sekitar enam bulan terhitung sejak Desember pertengahan di tahun 2017. Ya, memang saya tergolong ke dalam anggota baru namun saya cukup yakin berada di sini. Awal perkenalan saya dengan IYSpace karena diajak oleh salah seorang teman fakultas hukum, Kak Angga, untuk bergabung. Teman saya waktu itu jujur bahwa gerakan ini masih baru kemudian mengirimkan deskripsi singkat mengenai apa itu IYSpace dan visi serta misinya. Dan uniknya lagi saya langsung cocok dan berniat untuk bergabung. Kala itu saya diminta untuk mengisi form dan mengirimkan CV saya yang nantinya akan discreening oleh anggota lama. 

Singkat cerita Alhamdulillah saya diterima.  Ketika dinyatakan diterima, saya langsung dimasukkan ke group bersama salah seorang anak hukum juga, Kak Aldha. Well, it impressed me enough. They welcomed us warmly dengan dibumbui sedikit candaan. Kakak-kakaknya mayoritas sudah melakukan ini-itu, pergi ke sana-sini, memiliki project ini-itu namun mereka tetap rendah hati dan malah sangat senang jika adik-adiknya bertanya dan selalu siap sedia membantu. Di group itu pula kita biasa sharing info-info mengenai kepemudaan dan diskusi mengenai rencana apa saja yang akan dilakukan ke depannya. Setelah itu saya semakin sadar, saya tidak salah bergabung di IYSpace.

Mungkin kalian sedikit bertanya mengenai alasan apa yang membuat saya tertarik untuk bergabung di IYSpace ini. Ya, saya memang sangat tertarik dengan berbagai isu mengenai kepemudaan. Semua orang sudah tahu potensi pemuda seperti apa ditambah lagi dengan jumlah pemuda Indonesia yang memiliki prosentatse tinggi. Dengan jumlah yang banyak apabila kita mampu bergerak untuk melakukan hal-hal yang positif tentu akan memberikan impact positif juga kepada masyarakat sekitar. Selain itu, saya yakin akan jiwa muda. Selagi saya muda, saya ingin meningkatkan kemampuan dan pengetahuan saya melalui gerakan-gerakan seperti ini. Alasan saya sebenarnya sederhana yaitu ingin bisa berkontribusi dan bermanfaat bagi orang lain dengan sebuah gerakan nyata. 

Di IYSpace kita belajar bersama. Tidak ada yang namanya senioritas, tidak ada rasa saya lebih hebat. Kita semua sama, sama-sama belajar. Pun saya yang pengalamannya tak sebanyak kakak-kakaknya juga dihargai usulannya. Tak pernah sedikit pun saya merasa direndahkan. Mungkin sebagian dari kalian ada yang merasa minder karena tidak bisa berbahasa Inggris. Tenang saja! Kita memakai bahasa Indonesia, kok. Hanya saja di sini kita sangat mendukung jika kamu ingin meningkatkan kemampuan skill bahasa Inggris atau apa pun kegiatan positif lainnya. Ada jadwal tersendiri untuk Hari Berbahasa Inggris dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Di sini kita akan berjuang bersama untuk membangun Negeri tercinta lewat sebuah kontribusi nyata. Kita belajar bersama dari bawah. Kata kak Aussy, di sini kita belajar bareng agar yang semula nothing menjadi something. 

IYSpace – Learning, sharing, inspiring.

0 komentar

Instagram

Featured Post

Hampa

Aku berlari dan terus berlari  Rasanya lelah namun aku tak bisa berhenti  Ku berlari tanpa arah yang pasti  Tak tahu pula apa yang tengah ku...

Contact Form

Name

Email *

Message *