Sepenggal Memori dari Fansipan

June 23, 2024, by Wulan Istri


Fansipan merupakan puncak tertinggi di daratan Indochina dengan ketinggian 3.143 mdpl. Fansipan terletak di Tam Duong, Vietnam. Kalau dilihat, area ini terletak di Vietnam bagian utara. Menurut informasi yang beredar, puncak ini terkadang diselimuti oleh salju pada musim dingin. Hmmm... menarik juga. Selain itu, untuk menuju ke puncak ini, ada 'jalur' alternatif yang dapat dengan mudah dilalui oleh seseorang yang tak memiliki jiwa pendaki seperti saya. Adanya monorail dan kereta gantung menuju puncak adalah kunci dari kemudahan akses ini. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor pendorong untuk memantapkan hati berkunjung ke puncak ini. 

Titik awal perjalanan saya ke Fansipan dimulai dari Bandara Internasional Noi Bai yang terletak di Hanoi. Dari sana, saya melanjutkan perjalanan menuju Sa Pa, Lào Cai, dengan sleeper bus yang telah dipesan melalui website Sa Pa Nomad. Pengalaman saya menggunakan penyedia jasa bus ini sangatlah oke. Bus nyaman, ada fasilitas penjemputan dari bandara - agen bus di Hanoi dan agen bus Lào Cai - Sa Pa, dapat minum dan snack, plus yang terpenting adalah sangat on time! Bus akan berhenti di rest area sehingga penumpang bisa membeli makanan, suvenir, atau hanya sekadar ke toilet. Perjalanan saya menuju ke Sa Pa dilakukan pada malam hari jadi saya tidak bisa melihat pemandangan yang ada di luar. Saya bermalam di Sa Pa sebelum menuju Fansipan keesokan harinya. 

Bandara Noi Bain (Photo by Mba Dina)

Petualangan ke Fansipan akan dimulai sekarang! Been wanting to get there for sooo long! AAAAAAAA! Tak sabar rasanya merasakan pengalaman melewati hamparan pegunungan dari ketinggian. Apalagi selama beberapa waktu terakhir banyak sekali reels tentang Sa Pa dan Fansipan bersliweran di explore instagram. Oh ya, saya sudah mempersiapkan tiket monorail dan kereta gantung sejak di Indonesia. Saya membelinya lewat klook without so much hassle! Tinggal scan barcode-nya saja ketika sudah di stastiun sana! And oh! Look! How pretty the station is! And also the views during the trip! WHAT A BREATHTAKING VIEW! 

Setelah berhasil melewati monorail, kita harus berjalan sekitar 1 kilometer (mungkin?) untuk menuju stasiun kereta gantung. Dalam perjalanan itu, kita akan melewati taman-taman yang menyediakan banyaaak spot foto dan atraksi di sana. Sebagai seseorang yang lahir dan tumbuh besar di dataran rendah, melihat berbagai bunga cantik adalah kesenangan tersendiri! Banyak sekali kaktus, mawar, dan bebungaan lain yang jarang sekali kulihat di sekita rumah. Jalannya sungguh lumayan jauh tapi untungnya udara cukup sejuk sehingga tidak terlalu panas dan berkeringat. Jujur saja, rasanya ingin berlama-lama di sana namun apadaya. Waktu saya di sana sangat terbatas. 

Bahagia di Monorail! (Photo by Mba Dina)
Mengikat Tali Sepatu di Tengah Hamparan Bunga (Photo by Mba Dina)

Ngefotoin Bunga (Photo by Mba Dina)

(Bukan) Bunga Lavender

Koridor Bunga 

Mawar Cantik

Beruntung sekali cuaca di sana sedang bagus. Memang saat itu langit terlihat mendung tidak terlalu cerah namun syukur ahamdulillah tak badai dan kabut yang berterusan di sana. Kabut mampir kemudian pergi silih berganti. But hey! The mist gives the magic vibe here! AAAAAAA I fall in love with this place! Sungguh rasanya ingin saya jelajahi setiap sudut Fansipan yang bisa terjamah oleh ratusan (atau mungkin ribuan?) anak tangga ini semaksimal mungkin. Ingin rasanya menikmati ciptaan Tuhan ini karena kapan lagi saya bisa ke sini?! Well, I didn't go around in every corner but I tried to visit as much spot as I can and yeah! No regret! At all! 

Jujur saja saya kebingungan untuk mengungkapkan kecintaan dan keindahan Fansipan. I came here without any expectations (cause damn yeah, I just wanna experience the monorail) but WOW! The view is also superb! Mungkin juga karena saya tak perlu bersusah payah mendaki sehingga tenaga saya masih cukup penuh untuk se-excited ini mengagumi tempat ini? YaAllah, my Lord... how should I say my gratitude towards your beautiful creation? 

Puncak Fansipan

Bersama Dewi Guan Yin


I looked so happy but I 100% was!

Bersama Budha

Pemandangan ini sungguh menakjubkan! I'm a beach person but I think Fansipan changes me becoming mountain person! Pegunungan hijau yang dipadukan dengan sentuhan tradisional nan religius. Kuil, patung Budha, patung Dewi Guan Yin, beserta bangunan kecil-kecil untuk istirahat yang bergaya tradisional. I have none to say but I surely love this place! Boleh, dong, saya mengklaim bahwa tempat ini adalah salah satu trekking spot favorit saya? Fasilitas menuju puncak sudah sangat mumpuni, tempat makan tersedia, toilet umum juga tersedia. Apalagi yang diperlukan? Sungguh... benar-benar SUN WORLD membuat Fansipan sangat accessible bagi orang-orang biasa seperti saya untuk bisa sampai puncak. Thanks to Sun World Fansipan Legend! It makes impossible mission becomes so possible! 


From Vietnam with Love


Trung Nguyen Legend Coffee Lover 

0 komentar

Instagram

Featured Post

Hampa

Aku berlari dan terus berlari  Rasanya lelah namun aku tak bisa berhenti  Ku berlari tanpa arah yang pasti  Tak tahu pula apa yang tengah ku...

Contact Form

Name

Email *

Message *