Seluk Beluk XL Future Leaders Scholarship Program

January 05, 2020, by Wulan Istri


Halo teman-teman! Kalau rewind di tahun 2019, saya cukup sering menghabiskan waktu di Jogja. Hampir setiap dua bulan sekali saya pergi ke Jogja untuk mengikuti workshop yang diadakan oleh XL Axiata untuk para awardee beasiswa XL Future Leaders (re: XLFL). Sebenarnya tulisan ini sudah masuk dalam antrian ‘postingan berikutnya’, hanya saja selama ini belum saya posting. Sejak pembukaan beasiswa XLFL di awal tahun yang lalu, sebenarnya sudah cukup banyak yang menanyakan tentang perihal beasiswa ini. So, daripada ke depannya harus membalas pertanyaan terkait XLFL satu-persatu, let’s keep it simple and here we go!


Apa itu XL Future Leaders Scholarship program?
XLFL scholarship program merupakan sebuah program beasiswa yang diberikan oleh XL Axiata kepada 150 awardees terbaik yang diseleksi dari seluruh Indonesia dengan masa pemberian beasiswa selama dua tahun. Jadi, program ini merupakan salah satu program CSR dari XL Axiata untuk negeri. Adanya XLFL (yang relate banget sama pendidikan) diharapkan mampu membentuk pemimpin-pemimpin masa depan karena XL yakin bahwa investasi terbaik adalah pendidikan.

Apa yang membedakan scholarship program ini dengan yang lain?
Nah, XLFL berbeda dengan program beasiswa lain. Kalau program beasiswa lain biasanya memberikan uang untuk bantuan biaya pendidikan, kalau XLFL enggak. XLFL berfokus pada membangun dan mengembangkan softskill yang nantinya bakal bermanfaat banget untuk masa depan kita. Apa saja tiga poin softskill tersebut? Ada effective communication, entrepreneurship and innovative, dan managing change. Nah, ketiga poin tersebut akan dirangkum dalam pelatihan dan pembelajaran yang bisa kamu dapatkan di workshop. Workshop akan dilaksanakan selama 10 kali selama dua tahun baik di Jakarta maupun di kota regional terdekat teman-teman. Selain workshop, teman-teman juga akan mendapatkan fasilitas yang mendukung pembelajar teman-teman seperti kuota internet dan gadged. But overall, you guys would be so grateful for the workshop!

Apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar program XLFL tersebut?
Persyartannya cukup mudah, yaitu:
  • Mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia ( baik swasta maupun negeri semua diperbolehkan mendaftar dan semua jurusan diperbolehkan mendaftar)
  • Aktif berorganisasi
  • Mahasiswa S1 (mohon maaf, mahasiswa diploma maupun master tidak diperkenankan mendaftar)
  • Maksimal berada di semester 4 saat mendaftar
  • Usia maksimal 21 tahun
  • IPK minimal 2,8
Gimana, nggak ribet, kan?

Tahap-tahap seleksinya apa saja, ya?
Tahapan seleksinya biasanya sedikit berbeda antara tahun satu dengan yang lainnya. Namun, secara garis besar, tahapan-tahapannya sama. Seleksi biasanya diadakan tiga tahap dan menganut system gugur. Jadi, ketika sudah gugur di tahap pertama, tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. So, prepare yourself, please!
  1. Tahap 1 (Registrasi Online): Tahap ini merupakan tahap administrasi dimana teman-teman harus mengisi formulir pendaftaran dan beberapa pertanyaan singkat. Formulir pendaftaran setiap tahunnya dapat diakses di join.xlfutureleaders.com
  2. Tahap 2 (Online test): Tes ini terdiri dari test Bahasa Inggris dan GMAT. Nah, sepengalaman saya, akan lebih baik jika teman-teman mempersiapkan semuanya dengan baik mulai dari koneksi internet yang stabil, device yang oke (takut hang di tengah hehe), dan juga cari tempat yang nyaman. Saat test online dulu, saya mengerjakannya di Bandara Soekarno-Hatta (kebetulan baru pulang dari Filipina) dan tidak membawa headset. Tentu hal ini cukup menganggu karena headset membuat audio saat test English bagian listening lebih jernih di tempat yang ramai. Ditambah lagi saat mengerjakan test tersebut, ada seorang bapak yang tertahan di bandara mengajak ngobrol saya (serius, cari tempat yang nyaman dan tenang). Untuk tes GMAT, teman-teman bisa mencari tahu atau latihan online di internet supaya memiliki gambaran kira-kira test GMAT itu seperti apa. Just well-prepared!
  3. Tahap 3 (FGD, Presentasi dan Wawancara): Tahap ini merupakan tahapan seleksi offline. Jadi teman-teman akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan Focus Group Discussion. Di sini, teman-teman akan mendapatkan permasalahan yang harus diselesaikan secara berkelompok. Tips dari aku adalah: please, be active tapi jangan terlalu mendominasi. Untuk tahap presentasi, teman-teman akan diminta untuk presentasi terkait suatu topik selama beberapa menit dengan persiapan satu menit saja. Presentasinya pakai bahasa Inggris, yak. Dan yang terakhir adalah wawancara. Di tahap ini tidak ada trik khusus dari saya. Yang penting, be genuine, honest, be your self dan 'jual diri kamu' (tapi jangan menyombongkan diri juga, ya hehe)

Kapan pendaftaran program ini dibuka?
Program ini dibuka setiap tahun dan biasanya dibuka sekitar pertengahan tahun. Jadi, biar nggak ketinggalan info, follow aja akun instagramnya di @xlfutureleaders. Karena ada tiga tahap seleksi, jadi prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Pengumuman siapa saja yang diterima menjadi awardee biasanya akan diumumkan pada Oktober akhir.

Prepare yourself for this year opening program, ya! Persiapkan sejak dini agar teman-teman sudah siap untuk mengikuti seleksi di pertengahan tahun 2020. Bagi teman-teman yang belum bisa menjadi awardee namun ingin tetap belajar tentang materi yang diperoleh di workshop, please don’t be hesitate to join our material in e-learn! Teman-teman bisa membuka dan mengakses materi secara gratis di www.elearn.id and don’t forget to sign up first!

0 komentar

Instagram

Featured Post

Hampa

Aku berlari dan terus berlari  Rasanya lelah namun aku tak bisa berhenti  Ku berlari tanpa arah yang pasti  Tak tahu pula apa yang tengah ku...

Contact Form

Name

Email *

Message *